Thursday, December 28, 2017

Pengalihan https(SSL) pada Costum domain blogspot

Tags

Baca Juga

Cara ini sebenarnya terbilang baru,pada pertengahan Desember 2017 blogger.com memberikan hadiah kejutan bagi pengguna costum domain diflatform mereka.

Yup,apa lagi kalau bukan sertifikat keamanan berbasis soket layer atau yang lebih dikenal sebagai SSL.Cara pasang SSL diblogspot ini pun tergolong mudah,tak perlu membeli sertifikat lagi kepada pihak server SSL seperti cloudflare,clouddns,comodo secure dan public DNS server lainnya yang memberikan digital sertifikat berupa SSL ini.

SSL akan merubah header respon server yang kita miliki,atau bisa dibilang dapat merubah header http menjadi https.
Kalau para blogger indo sih bilangnya bikin http jadi https.

Cara mengaktifkan https diblogspot

Caranya mudah kok,dibawah paragraf yang sedang anda baca kali ini akan dijelaskan secara terperinci,langkah langkah pengaktifan https bagi costum domain blogspot.Dan inilah langkah yang harus diambil buat anda yang menginginkan http dicostum domain blogspot anda dapat dirubah menjadi https.

1.Buka dashbor blogger

Buat seseorang yang punya blog diblogspot mungkin cara membuka dashbor blogger sudah pada hafal luar kepala kali yah.hehehe....

2.Buka menu setting

Lihat menu dasar didashbor blogger anda,jika ada menu seperti yang tertera digambar dibawah ini,anda bisa langsung melanjutkan ke opsi cara setting

https setting on blogspot
Gambar 1.1
Namun jika belum muncul menu ketersediaan https maka anda harus mengikuti cara ketiga.

3.mengubah setelan pengguna

Yup,pada menu setelan pengguna maka akan ada opsi seperti gambar berikut

Draft.blogger setting
Gambar 1.2
Coba dilihat apakah pada setelan pengguna opsi "gunakan draft.blogger" masih dalam keadaan tidak?jika memang seperti itu anda tinggal merubahnya menjadi "Ya".
Nah setelah opsi ini anda lakukan maka kita lanjut ke cara selanjutnya.

4.Kembali ke setelan dasar

Setelah anda mengubah setelan draf.blogger maka anda tinggal kembali ke setelan dasar.Jika tampilan menu dasar sudah seperti pada gambar 1.1 maka langkah selanjutnya hanya tinggal mengubah opsi ketersedian https dari "tidak" menjadi "Ya".Maka proses mitigasi pun akan berlangsung,tunggu kurang lebih 10 menit.Maka seluruh notif box yang berwarna kuning akan menghilang.Jika sudah dalam keadaan tersebut itu tandanya layanan https untuk costum domain blogspot anda telah tersedia dan siap untuk diaktifkan.Caranya yaitu dengan mengubah opsi pengalihan https dari "tidak" menjadi "Ya".Nah selesai sudah proses perubahan http menjadi https pada blog costum domain blogspot yang anda miliki.

Cara selanjutnya ialah menghilangkan mixed content,karena template default anda sebelumnya menggunakan header http,maka perlu penyesuaian dengan mengubah url yang berada ditemplete dari http menjadi https.

Selamat mencoba ya gan.

Artikel Terkait

Silahkan tinggalkan jejak anda disini
EmoticonEmoticon